GOHAM (Gondang Hasapi Modern)

PROFIL SINGKAT GOHAM GROUP

GOHAM merupakan salah satu kelompok entertainment musik ethnis Batak yang berdomisili di Serang Banten dan didirikan oleh Isran panjaitan yang merupakan putra Batak yang dibesarkan di daerah paling ujung barat Indonesia (Sabang) dan Alumni Fakultas Pertanian  Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh. Saat ini sebagian besar personil merupakan musisi dan Penari Tradisional dan modern yang berdomisili di Serang, Cilegon, Tangerang dan Jakarta.

Berdirinya GOHAM bermula dari kepedulian para personil terhadap perkembangan musik tradisional Batak yang sangat berdampak terhadap pariwisata di daerah Tanah Batak khususnya Danau Toba.

Adapun misi GOHAM antara lain Memperkenalkan Gondang Hasapi dan Gondang Bolon kepada seluruh lapisan masyarakat Batak, masyarakat Indonesia dan Internasional melalui iringan musik modern “GOHAM”, menampung bakat para generasi muda Batak khususnya di bidang seni musik Tradisional yang nantinya diharapkan membawa harum musik tradisional Batak di tingkat nasional dan internasional melalui dunia pariwisata dan hiburan.

Saat ini kami juga sudah memproduksi kaset rekaman yang kami beri judul “GOHAM Ethnic Music” yang bertema “HISTORY” dan sedang beredar di masyarakat baik di dalam maupun di luar negeri. Kami juga sedang mencoba menyusun buku tentang sejarah Gondang Batak dan perkembangannya serta membuat notasi dari lagu-lagu gondang tersebut. Sekarang sudah dalam tahap pengumpulan data.

PICT 002

PICT 001

PICT 003

GONDANG HASAPI MODERN (GOHAM)

REPERTOAR GONDANG HASAPI MODERN

ISRAN PANJAITAN

Iklan

7 thoughts on “GOHAM (Gondang Hasapi Modern)

  1. Joshua Hutagalung

    Horas abang

    Perkenalkan nama saya joshua.Saya ketemu web abang dari search tentang soundcard musik. Kebetulan saya adalah seorang pianist. Kebetulan saya sekarng sedang aktif di paduan suara gereja saya. Masalahnya adalah ketika lagu batak yang akan kami nyanyikan, seringkali di butuhkan instrumen gondang, sedangkan di keybord saya (PSR 3000) tidak ada fasilitas itu. Setau saya ada soundcard untuk roland, apakah ada soundcard untuk yamaha?
    Kalau ada berapa kira2 harganya dan dimana dijual?

    Tolong bantuan abang sebagai pakar musik, bantuan abang sangat saya harapkan. Terima kasih. Horas

    Balas
    1. isranpanjaitan Penulis Tulisan

      Thks Joshua apresiasinya, pertama saya bukanlah pakar musik, cuma musisi biasa, tapi saya akan coba jawab:
      1. kalo untuk musik gondang sebenarnya di psr 3000 juga bisa dimanfaatkan fasilitasnya, di ch 9 bag. percusion diisi aja dgn gondang dgn menggunakan sound pop latin kid diedit sedikit dgn effect pitch bender atau effect lainnya, hasilnya lumayan mirip.

      2. Masalah soundcard, saya belum paham maksudmu apakah yg kamu maksud sound module. Kalo yg kamu maksud supaya ada sound gondang berarti kamu butuh dua2nya sound card & sound module. sound card bisa pakai yg mana aja, kalo bisa yg sample ratenya lebih tinggi (akurat), sedangkan sound modulenya bisa merek apa aja, misalnya sample tank (walaupun agak tipis tp lumayan lah) trus sound gondang td kita sampling /exstrat sepotong2 kemudian note numbernya disesuaikan ntar dgn menggunakan kabel midi melalui sound card td sound yg gondangnya bisa keluar, memang agak rumit & berkesperiment. Untuk saat ini di wilayah Pantura Player dangdut udah byk yg pake supaya sound gendang dangdutnya asli.

      3. Sebenarnya kamu butuh sound gondangnya atau butuh Sound card…? krn itu 2 hal yg berbeda.

      oke segitu aja dulu kalo kurang jelas mungkin sayanya yg memang kurang ahli,

      horas….!!!

      Balas
  2. Joshua Hutagalung

    Horas

    Memang sejak awal ada keraguan juga apakah sound card atau yang lain. Yang saya pingin adalah supaya ada sound gondang di keybord saya. Dulu pernah saya lihat ada orang yang memainkan perkusi suara gondang dari roland G1000 (bukan style gondang). saya ga tau darimana tuts keybordnya menghasilkan suara gondang, maksud saya kalau memang dia bisa, apakah ada card yang dibutuhkan atau hanya mengedit suaranya saja?
    trus apa yang abang maksud dengan channel 9 bagian perkusi.
    Terima kasih abang
    Horas

    Balas
  3. isran panjaitan

    itu memang suara gondang asli yg disampling dgn menggunakan keyboard sampling atau software spt Sampletank yg saya katakan, trus suara gondang td itulah yg dikeluarkan oleh module melalui tuts keyboard dgn diatur note numbernya & sound di note number keyboard di off kan shg yg keluar adlah sound dr module
    mengenai ch 9 kalo di yamaha khusus utk perkusi adnya di sebelah kiri ch drum (10) sedangkang di korg perkusi di ch 11 tp klo di yamaha ch 11 utk bass, gitu Jos

    Balas
  4. JAMSON SIRAIT

    BATAK in the Best … tidak semua orang batak tau itu,

    Pelajari konsep hidup Dalihan Na Tolu …denga sungguh-sungguh ..agar kita memahami maksud TUHAN untuk apa kita di beri hidup jadi orang BATAK yaitu :
    1. AGAR PAHAM BUDAYA BATAK
    2. AGAR DAPAT MENJADI ORANG YG PANDAI DAN BIJAKSANA
    (bukan Cerdas dan Pintar)
    3. AGAR PAHAM KEINDAHAN SUATU SENI MUSIK YG SEBENRNYA
    3. AGAR BISA MENIKMATI SENI YG BISA MENEMBUS JIWA dan KALBU

    Jadi aku bangga dengan saudara2 ku yg mau melestarikan Seni Musik BATAK, Gondang Bolon, Gondang Hasapi. kalau boleh seni Opera Batak Juga harus di kaji ulang dan Martumba di kembangkan ya Bapa-bapa pencinta dan pelestari Seni Batak ?

    Maju terus bapa-bapa, kami bangga dengan kalian …walau belum semua menghargainya dengan sikap dan perbuatan …. mari kita pikirkan ke depan untuk mebangun satu wadah, tempat konser khusus musik batak …

    Horas … Horas .. Horas .. SALUT

    Sian Hami Komunitas Batak Pondok Aren -Tangerang Selatan-Banten (OBAMA RO HAM = Odoran Batak Marsada Robe Hamu)

    Balas
  5. Swando Ambarita

    horas ma di akka lae,nang akka da tulang saluhut na…….. molo hata sian au,otik do.. atik boha porlu unit gondang batak, sabangunan dan hasapi, boi do hubungi hamu au, swando ambarita, hp 081370066015. mauliate… horas…. sattabi parjolo katua,atik boha adong na hurang lobi di pakkataion hu….

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s