BAGAIMANAKAH HUBUNGAN MARGA PANJAITAN DENGAN MARGA NAINGGOLAN PARHUSIP

Dari judul di atas tentu kita bertanya apa sih hubungannya marga Panjaitan dengan Marga Nainggolan Parhusip? Mengapa begitu penting hal ini dibicarakan terutama bagi Marga Parhusip? Seberapa pentingkah Marga Panjatan bagi Marga Parhusip?

Banyak yang tidak mengetahui bahwa Panjaitan adalah Bonaniari Nainggolan Parhusip, termasuk Panjaitan itu sendiri, tapi tidak bagi Parhusip, karena setiap marga Parhusip wajib tau hal ini. Itu yg saya ketahui & berdasarkan pengalaman saya ketika berkunjung ke Samosir.

Untuk itu saya coba menjelaskan berdasarkan yang saya ketahui dari berbagai sumber baik dari Parhusip di Ninggolan (Samosir), Parhusip di perantauan, dari dongan tubu Panjaitan dll. Kalau ada kesalahan atau kekeliruan mohon di koreksi, oke…!  Mari kita mulai…!

Ada baiknya kita liat dulu Tarombo Nainggolan (kalo salah mohon dikoreksi).

Raja Nainggolan, memiliki dua anak yaitu:
Toga Si Batu & Toga Si Ruma Hombar

Toga Si Batu, memiliki anak 2 orang yaitu: Batuara & Parhusip.

Sedangkan Si Ruma Hombar memiliki 4 anak yaitu:

Lumban Nahor, Mogot Pinayungan, Lumban Siantar & Hutabalian.

  • Toga Parhusip (generasi 1) punya anak 1 Tuan Marnaning (2)
  • Tuan Marnaning punya anak 1 Namora Jollung (3)
  • Namora Jollung punya anak 1 Namora Sobiason (4)
  • Nomora Sobiason punya anak 1 Tuan Saribu Pasir (5)
  • Tuan Saribu Pasir punya anak 1 Pasir Lando (6)
  • Pasir Lando punya anak 1 Lindi Ni Aek (7)

Mulai dari Generasi 1 Toga Parhusip sampai dengan generasi ke 6 Pasir Lando masing2 punya anak Cuma 1. Bisa dibayangkan dalam 6 generasi kurang lebih sekian ratus tahun hanya hidup sendiri tidak punya saudara.

Nah, sampai di sini generasi ke 7 yaitu Lindi Ni Aek beristrikan br Panjaitan bernama Pintaomas, boru dari Si Raja Sijorat II (Panjaitan). Sejak beristrikan br Panjaitan keturunannyapun banyak.

Oke sekarang Saya ulangi lagi biar lebih jelas, Lindi Ni Aek beristrikan Pintaomas br Panjaitan, putri (boru) dari Raja Sijorat II (PANJAITAN). Anaknya ada 5 orang, 4 laki-laki & 1 perempuan:

  • 1. Marsanti Ulubalang
  • 2. Girsang Matabun
  • 3. Pintu Manaor
  • 4. Daon Sihol

Anak perempuannya Boru Limbong Monang, menikah dgn Marga Sirait.

Dari ke 4 anak-anaknya inilah sebutan Marga Parhusip jika saling bertemu bertarombo. Itu sebabnya Marga Panjaitan disebut Bona Ni Ari Marga Parhusip. Semenjak itu keturunan Parhusippun bertambah Banyak.

Cukup di situkah hubungannya…? Tidak..! Karena dibalik cerita ini semua ada cerita yang sangat heroik & menegangkan, mudah2an cerita saya tidak salah karena saya dapatkan langsung dari Marga Parhusip di Nainggolan (Samosir) pada saat saya ke sana. Mereka (marga Parhusip) yg kebetulan ada disitu langsung berkumpul di warung (kede) tempat saya istirahat & langsung memberi salam dengan sangat hormat kepada saya. Sayapun kaget & bingung campur bangga ada apa karena saya belum tahu ceritanya saat itu.

Beginilah mereka bercerita ke saya secara singkat.

Setelah berapa generasi Parhusip Cuma punya anak 1 maka timbullah keinginan Parhusip & Saudara saudara yg lainnya dari marga Nainggolan untuk mencarikan istri buat si Lindi Ni Aek dari boru (perempuan seberang) maksudnya dari luar samosir yaitu boru Toba. Singkat cerita diculiklah boru Panjaitan dari daerah Balige (Toba) dibawa ke Samosir (Nainggolan). Terjadilah perselisihan antara marga Panjaitan dengan Nainggolan. Terdengar kabar bahwa Marga Panjaitan akan datang menyerang Marga Nainggolan ke Samosir. Singkat cerita terjadilah kesepakatan damai setelah Parhusip menceritakan niat baik mereka. Itu sebabnya Marga Parhusip sangat hormat kepada marga Panjaitan. Karena banyak rintangan yang dihadapi marga Nainggolan, tetapi karena kebesaran hati Marga Panjaitan terjadilah kesepakatan perdamaian.

Kemudian berpesanlah Si Lindu Ni Aek kepada generasinya semua, kira-kira begini katanya: “Kita harus hormat kepada marga Panjaitan karena merekalah yang memberi keturunan kepada kita menjadi banyak, sepanjang hidup kita harus menempatkan mereka sebagai HULA-HULA & boru Panjaitan sbg Pariban”.

Demikianlah hubungan Kekerabatan antara Marga Nainggolan Parhusip dengan Marga Panjaitan, kalau ada kekeliruan mohon dikoreksi.

HORAS JALA GABE

Iklan

27 thoughts on “BAGAIMANAKAH HUBUNGAN MARGA PANJAITAN DENGAN MARGA NAINGGOLAN PARHUSIP

    1. Goklas Nainggolan

      Setau ku juga batuara bona niari nya panjaitan tulang. Jadi batuara juga layak memanggil pariban kepada panjaitan atau somba marhula hula. Tolong dikoreksi dlu ya tulang. Mauliate

      Balas
  1. Jowes

    Mauliate Tulang, nga tamba parbinotoan.
    Mulai huboto roha, inong sai didok do tu ahu bahwa ingkon burju tu sude marga, alai ingkon lebih hormat do inna iba tu marga Panjaitan. Hape au marga Nainggolan Batuara do. Nah, manjaha postingan ni Tulang on, gabe bingung au saotik Tulang.
    Mauliate Tulang, horas….

    Balas
    1. golan

      molo lao hita tu Bona Pasogit nainggolan mungkin bisa lebih jelas, tapi aku jawab sedikit aja. Si Batuara dan Parhusip sama2 marboru Panjaitan.

      Balas
    2. Apon parhusip

      Horas abang batuara,tulang panjaitandan buat kita semua aku parhusip, kebetulan selalu kudengar dengar cerita seperti ini dr keluarga, makanya penulis(tulang panjaitan) meminta maaf apa bila ada kekurangan.menurut aku memang ada kurang lengkap dr cerita penulis dan saya yakin apabila ada penguran cerita sejarah itu hanya menghindari kesalahpahaman, yg terpenting batuara tetap abang parhusip dan kita sama2 punya tulang bananiari panjaitan, salam nainggolan horas!!!

      Balas
  2. Gerhard Nainggolan

    Horas Tulang,
    Terima kasih sudah menceritakan hubungan Panjaitan dengan Nainggolan Parhusip. Tetapi cerita itu belumlah lengkap, karena disitu ada masalah antara Lindi Ni Aek dari Nainggolan Parhusip, dengan abangnya Pangulu Raja dari Nainggolan Sibatuara. Karena Pangulu Raja lebih dahulu menikah dengan Pintaomas br. Panjaitan, dan memiliki anak Tuanamora dan Siampapaga.
    Ceritanya agak kurang bagus, terutama mengenai Lindi Ni Aek, sehingga mungkin tidak ingin diungkapkan.
    Untuk lebih jelasnya mungkin bisa ditanyakan kepada natua-tua Nainggolan Sibatura.
    Dan sebagai informasi, sudah pernah diadakan pertemuan antara natua-tua Nainggolan Sibatuara dan Panjaitan (Raja Sijorat), di rumah Gustav Panjaitan (mantan Dirut PAM), yang intinya pihak Panjaitan mengakui bahwa Nainggolan Sibatuara juga menjadi bere dari Panjaitan (Raja Sijorat) karena Pintaomas menikah dengan Pangulu Raja.

    Balas
  3. sabda panjaitan

    tulang,tlong critakn donx gmana panjaitan bsa marpadan ma mrga simanullang dll. . . .

    Kutunggu jwbn dri tulang!!

    Mauliate and horas sude mrga pnjaitan. . . . .

    Balas
    1. erwin panjaitan

      Sabda panjaitan.. Yang kamu panggil tulang siapa???
      . Sejak kapan panjaitan manggil tulang ama panjaitan???

      Balas
  4. Masta

    Oppung critakan donk gmn Sianipar jd masuk Tuan Dibangarna……Soalnya yng ak tw Sianipar anak angkat Tuan dibangarna… Tolong jelaskan .Tks…

    Balas
  5. binter sibatuara

    sattabima di tulang panjaitan namambaen silsilaon,molo tupelajari sala dopei,alana parjolo batuara mangalap br,panjaitan,daripada parhusip,,jd patakkas hamumajo muse,,molo sala ua ba tanggapi hamuna…

    Balas
    1. Warto Syah Gol

      molo na hubege appara, memang parjolo do parhusip mangalap boru panjaitan na gabe parsondukna, alai di parhusip boru si angkangan (lebih tua), baru ke si batuara si adekannya. (Warto Nainggolan Batuara-20)
      horas. molo sala di patakkas ateh appara.

      Balas
      1. hardiman nainggolan

        Nahuboto pe songoni do pra
        Parjolo prhusip mabbuat br panjaitan
        Alani do gabe ribut batuara dohot parhusip alani manggulut siakkangan,
        Ala parjolo parhusip marboru panjaitan gabe mangakku ma ibana siakkangan
        Na huboto sian akka cerita ni natua-tua
        Mauiliate
        Hardiman nainggolan batuara (19)

  6. Dessy nainggolan lumban raja

    Horas, saya mau tny klo nainggolan lumban raja pacaran ato menikah dgn panjaitan, itu masalah tdk ?

    Balas
  7. Victor nainggolan

    Satabi jo tulang. mangido jo ahu tu tulang nami. molo bohi di kirim majo tulang gambar tugu nainggolan parhusip na adong di sitorang. nunga hu lului dang adong na mambahen gambar tugu nainggolan parhusip na di sitorang. molo hami Nainggolan parhusip sian sitorang. sahali nai mauliate tulang.

    Balas
  8. hardiman nainggolan

    Horas tulang,
    Maaf sebelum nya,
    Sebenar nya hanya nainggolan parhusip kah?
    Trus bagaimana ceritanya batu ara??
    Sementara itu bonaniari nainggolan si raja batu panajaitan,,
    Kalau marhula-hula nainggolan batuara sama parhusip kok sama panjaitan.
    Trus anak parhusip ngambil br pajaitan lagi, makanya jdi hormat nya sangat hormat,
    Sementara batu ara juga ngambil br panjaitan
    Yg kakak sma parhusip yg adek sama batu ara
    Itu sebabnya batua ara dan parhusip berebut siangkangan di samosir,
    Trus bagaimana ceritanya itu tulang??
    Bisa tolong tulang di perjelas??
    Terimakasih

    Balas
    1. hardiman nainggolan

      Boru panjaitan boleh lah tante,
      Tapi marga panjaitan nya yg gk boleh ke boru parhusip, dan batuara
      Terimakasih

      Balas
  9. zulkifli

    horas.saya bermarga panjaitan.tp saya kurang paham masalah tarombo.tolong bantu saya tetang ketidak pahaman saya ini.trmks.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s