CASIOPEA (JAZZ ROCK atau JAZZ FUSION)

Inilah salah 1 group band Jazz favoriteku. Sejak SMP aku sudah mengidolakannya, meskipun ada group band lain yg ada di hatiku spt Shakatak, Koinonia, Level 42 dll, tapi khusus untuk Casiopea sangatlah berkesan buatku. Ketika itu sangatlah sulit kita mendapat informasi tentang group ini kecuali dr majalah “HAI”. Di meja, kursi bahkan di dinding kelas, di baju seragam, celana seragam, baju olahraga, buku tulis dll pasti ada tulisan CASIOPEA, sementara teman-teman sekolah gak begitu mengetahui tentang group ini, mereka hanya sebatas tau bahwa itu adalah sebuah group band dari Jepang bahkan mereka sendiri gak paham dengan musik yg dimainkan Casiopea, maklum tempat kami jauh dr dunia informasi di ujung barat Indonesia nan jauh di Aceh yaitu “SABANG” ku yg tercinta hehehe…..! Btw sampai saat ini ada “seseorang” yg  memanggilku “Bang Casiopea” itu krn saking ngefans beratnya aku, hehehehe….!

Orang-orang mengkategorikan group ini sebagai group band “Jazz Fusion” bahkan ada yg lebih ektrim mengatakan mrk bukan group Jazz melainkan group Rock sok Jazzy, Tapi bagiku gak penting, yg penting aku bisa menikmati musik mereka. Aku sendiri mengkategorikan group band ini sebagai Group band “JAZZ ROCK”. Biarlah orang berkata apa….! Bagiku Casiopea adalah sebuah group band asal jepang yg beraliran “Jazz Rock”…titik (marah dikit….)   hehehe….! Group band ini pula yg mempengaruhi caraku bermusik “menginfluence” kata anak2 band skr, heleh2 ntah hapa2 pula istilah anak band skr, acem betol aja kata orang medan padahal sebenarnya arti harfiahnya ya itu Cuma sok paten aja anak band skr pake istilah luar segala, gk cinta bahasa Indonesia ya…? sorry jadi emosi, hehehe….(intermezzo).

Nah skr saatnya kujelaskan tentang biografi mereka, tapi sebentar….! aku ngopi dulu biar agak santai.

Sorry agak lama td kopinya kurang gula, kutambahin dululah, oke siap.

Nama Casiopea itu sendiri sebenarnya diambil dari nama sebuah gugusan bintang di antariksa sama halnya seperti Andromeda, Milky Way (kalo temen2 sekolahku di SMA inget banget nama ini di pelajaran Geografi).

Pendirinya adalah Laeku si “Issei Noro” (gitaris), “Tetsuo Sakurai” (bassis) & si “Hidehiko” (Keyboardis) thn 1976, terus thn 1977 diajaknyalah pemaen drum si “Takashi Sasaki” sekaligus ama si ”Minoru Mukaiya” pemaen kibot (bukan organ tunggal, jgn salah klen) ganti’in si “Hidehiko”. Waktu itu mrk belon punya album tp lagunya udah ada Cuma belon direkam, Kayak anak2 band sekaranglah punya lagu tp gk punya album kecuali album foto, foto sana sini tp gk ada callingan dr produser, hehehe…! Pis eh salah piz.. kan salah lg.. peace…! Ya udalah pokoknya kayak gitulah.

Nah thn 1979 barulah mrk launching album perdana dgn judul Album nama bandnya sendiri “CASIOPEA”. Tp mrk ajak pulak orang laen utk bantu2 ngisi musik yaitu si “Randy Brecker” (Trumpet), “Michael Brecker” (Tenor Sax), “David Sanborn” (Alto Sax) ama si “Tomato String” (Strings). Seluruh lagunya dibikin ama “Issei Noro”, Ada 8 lagu (ya… komposisilah kita sebut).

  • Time Limit
  • Tears of The Star
  • Space Road
  • Midnight Rendezvouz
  • Far Away
  • Swallow
  • Dream Hill
  • Black Joke

Itu semua rekamannya dari desember 1978 sampe maret 1979 di Studio A, di Tokyo. Belakangan album ini dirilis ulang thn 1986 melalui Alfa Records Inc Japan.

Dah jelas kan…! Lanjut ya..! Thn 1980 diajak pulak si “Akira Jimbo” utk gabung ganti’in si “Takashi Sasaki”. Sebentar dulu ya…! Kalo laeku yg 1 ini bagus kalipun maen drumnya, Suka kali aku liatnya. Formasi ini nih yg aku suka di Casiopea. Kuulangi lagi ya biar jelas klen Formasi yg ini:

  • Issei Noro (Gitar)
  • Tetsuo Sakurai (Bass)
  • Minoru Mukaiya (Keyboard, sebenarnya aku yg mo dipake tp aku nolak krn honornya gk cocok lagian aku masih kecil kalipun waktu itu hehehe lagi…!)
  • Akira Jimbo (Drum)

Singkat cerita sampe lah mrk rekaman 35 album, itu dah termasuk rekaman yg di Amerika juga bukan yg di Jepang aja. Getoo..!

Trus yg namanya band dimana2 sama aja pasti ada yg gak cocok, beda pendapatlah, beda idelah, beda honorlah (jgn sampe), inilah… itulah…, udah kayak band2 kita juga. Pemaen drumnya ama pemaen bass cabot bikin group sendiri semacam duo maia gitu, tp ini disebutnya “duo band” namanya “JIMSAKU” singkatan dr “Jimbo & Sakurai”, kalo gk salah thn 1989, alasannya sih klasik…. Biasa… cara bermusiknya uda gk cocok, hmmmm….. ! Sangkin palaknya si “Issei Noro” dibubarinlah groupnya sementara (dibekukan gitu loo..! gk bubar beneran) thn 2006.

Pada saat kedua lae kita tuh cabot dipakeknyalah si “Yoshihiro Naruse” maen bass ganti’in Tetsuo. Akupun suka kali dgn permaenan bass kawan ini, paten kali, malah aku lebih suka liat dia. Liat aja di lagu “TOKIMEKI” di atas tuh…! Paten kan maennya. Kalo drumnya si “Masaaki Hiyami” (tp kurang lebih 4 thn aja dia betah). Diapun keluar dr group thn 1993.  Issei Noro pun ngamuk, dipake-nyalah si “Noriaki Kumagai” utk maen drum.

Nah thn 1997, balek lah si Akira Jimbo alias gabung lagi sampe akhirnya dibekukan kayak aku bilang tadi di atas thn 2006.  Kayak gitulah kira2 cerita group band favorite ku ini. Tapi sayang aku gk pernah nonton live mereka sampe saat ini (hiks..hiks…), malahan sahabatku dr SMP & SMA si “Riman Lutia yg gak seneng musik pernah nonton langsung di Jepang krn penasaran kayak mana sih group Casiopea ini katanya. Sedih aku…. Ya udahlah mudah2an mrk datang lg di Java Jazz krn dulu aku gk sempat nonton juga maklumlah pas jadwal ngamen luar kota, hehehe….! Udah dulu ya ceritanya, jelaskan Klen..! puaskan klen..! bye…! Check out.

Iklan

20 thoughts on “CASIOPEA (JAZZ ROCK atau JAZZ FUSION)

  1. Ratna

    Bang Isran, makasih banget udah mau dongengin tentang Casiopea ini. Saya juga ngefans sekali sama band keren ini. Gak bisa komen apa-apa lagi deh. Saya tunggu ya tulisan-tulisan lain, spesial Casiopea. Salam kenal 🙂

    Balas
  2. Ratna

    Bang, katanya tanggal 30 September 2012 nanti Casiopea mau konser di Jakarta. Beritanya dari @wartajazz … Lagi banyak-banyak berdo’a nih, kalo emang rejekiku, aku nanti pasti disana nonton, hehehe…

    Balas
  3. tony

    Casiopea 3rd dengan formasi terbaru Issei Noro, Akira Jimho, Yoshihiro Naruse, dan Kiyomi Otaka akan main di UGM Economics Jazz , Grand Pacifil Hall, Yogyakarta, Sabtu 30 November 2013. Sebagai opening act akan tampil Idang Rasjidi, Mus Mujiono, Didiek SSS, Echa Soemantri, featuring Raisa dan Marcell. MC Choky Sitohang.

    Balas
  4. supermancakep

    saya juga penggemar casiopea. tapi baru tahun belakangan. ha ha ha. gara-gara waktu SMA ada temen yang nyebut casiopea. pas kenal youtube. searching n ketemu. inget dulu musik pertama yang saya dengar :right on the orbit. ha ha ha
    btw kemarin yang konser di jogja itu casiopea 3rd. tapi saya ga nonton. pas ngecek. kok kibornya cewek… serem juga sih mainnya.
    ane awal di UGM dulu juga susah nyari yang kenal casiopea, ternyata yang banyak kenal di fakultas tetangga, FEB UGM. ha ha ha
    salam kenal mas…

    Balas
  5. Achmad Rachmani

    Ass…Salam kenal Pak atau Bang Isran…..Saya nge-fans berat sama Casiopea….sejak saya SMA (saya masih simpan kaset/bajakan produk Billboard he3x, harga Rp.2.000 tgl beli 20-6-1986)…..sekarang anak saya juga ikut meng-idola-kan grup ini….dia banyak download di youtube

    Balas
    1. isran panjaitan Penulis Tulisan

      salam kenal kembali pak thn 86 malahan saya punya majalah “Hai” yg menulis ttg Casiopea, semua artikel ttg casiopea saya kumpulin walaupun akhirnya semuanya hilang gak tau kmn..! hehehe..

      Balas
  6. Tammy

    halo bang isran, makasih udah nulis ttg casiopea. aku juga fans berat dari kecil. sebenernya gara2 kakakku juga ngefans, jadi kebawa. inget banget dulu pas SMA motorku aku tempelin stiker yg aku cutting sendiri tulisan casiopea.
    Aku ‘kecele’ 2 x nih dalam 3 thn terakhir ada 2 kali konser mereka di mana aku telat tahu (gandaria city 2012 & UGM yogya 2013). hue hue hueeeeee. belum jodoh nonton mereka live.
    ‘kontak terdekat’ dengan yg masih ‘berbau casiopea’ cuma nonton tetsuo sakurai di java jazz. bis itu belum ada lagi. hiks….

    Semoga lain waktu ada kesempatan nonton mereka live. Amien….

    Salam kompak sesama fans Casiopea yaaaa,

    Balas
  7. Achmad Jayadi

    Saya juga penggemar berat Casiopea!!! Saya asal Balikpapan Kalimantan Timur. Saya nonton mereka di Skeeno Hall Gandaria City Jakarta dan Grand Pacific Hall Yogyakarta…
    Dan konser di Yogyakarta itu sangat berkesan karena saya mendapat undangan khusus dari Midori Moriyama (Mukaiya) mantan istri dari Minoru Mukaiya yg kebetulan beliau juga hadir dalam konser tersebut. Saya juga sempat jalan bareng Issei Noro menemani beliau mencari 2 botol minuman utk acara mereka sebelum dan sesudah konser. Saya carter mobil Toyota Avanza bersama Issei Noro dan Midori Moriyama juga asistennya Noriko Sado. Hari jum’at itu kami berjalan keliling Malioboro dan tanya sana sini akhirnya dapat minuman yg dicari di Hotel Ibis Yogyakarta. Yang saya heran, saya jalan berdampingan dengan Issei Noro dari parkir Malioboro Mall ke dalam mall tersebut sampai kami keluar mall menyusuri jalan malioboro, tidak ada yang kenal dgn Issei Noro, atau sekedar melihat kagum dari masyarakat yg mungkin kenal beliau seorang gitaris Casiopea. Jadi saya sempat foto2 dgn beliau di depan mall dan latar belakang jalan Malioboro. Selanjutnya kami pun menyempatkan berkunjung ke Prambanan temple sebentar. Issei Noro nggak bisa lama2 karena ada konferensi pers di UGM siang jam 14;00 an.
    Selesai konferensi pers semua rombongan beranjak menuju Grand Pacific hall utk check sound…dan saya pun ikut dalam rombongan tsb namun saya tetap di mobil saya bersama Midori dan Noriko.
    Pada saat check sound…hampir semua lagu-lagu yg akan dimainkan besok malamnya dimainkan sore itu…kata Midori, mereka selalu begitu lupa waktu dan asyik bermusik.
    Karena saya dan Midori juga Noriko sdh lelah, akhirnya kami memutuskan utk duluan pulang menuju hotel di Regency Hotel Yogyakarta.
    Selama di hotel saya selalu bertemu mereka dan para kru Casiopea berbaur apalagi pada saat makan malam dsan makan pagi. Suasana di ruangan resto selalu riuh dgn tawa mereka terutama Yoshihiro Naruse yg jenaka.
    Malam hari, mereka mulai pesta…tentunya minumannya sdh siap disediakan oleh Issi Noro.
    Sabtu pagi sebelum konser pada malam harinya, saya dan Midori?Noriko menghabiskan waktu seharian belanja di Malioboro sampai sore.
    Dan sampai pada malam minggu saat Casiopea mengguncang Grand Pacific hall Yogyakarta…
    Karena saya tamu undangan tentunya saya dapat kursi paling depan. Persis di sebelah boss Bank Permata, salah satu sponsor konser Casiopea 3RD ini.
    Saya menikmati semua lagu-lagu mereka dari awal sampai akhir. Sampai akhirnya konser berakhir, saya diberi keistimewaan utk masuk ke ruangan mereka di belakang panggung.
    Saya bangga karena saya lah sendiri dari sekian ribu penonton yg hadir di sana yg bisa masuk ruangan Casiopea 3RD. Hanya saya sendiri orang Indonesia dalam ruangan itu. Saya sangat bangga sekali. Karena utk masuk ke ruangan itu saja di luar dijaga banyak sekuriti. Malah saya sempat ditahan karena nyelonong masuk. Tapi karena saya digandeng Midori tentu sekuriti2 itu sdh faham kalau saya bagian dari mereka. Ada kejadian yang lucu selama saya bersama mereka. Para mahasiswa/i UGM yg jadi panitia konser Casiopea 3RD itu selalu menyapa saya dengan ” konichiwa…” atau “konbanwa…”…mereka fikir saya salah satu staff Casiopea International Co,-Ltd. Karena saya selalu bertiga dgn wanita2 Jepang yg selalu berada di dekat Casiopea dan para kru.
    Apalagi saya mengenakan T-shirt yg sama dgn semua kru Casiopea 3RD. T-Shirt itu pemberian dari Midori sebagai kenangan dan atribut utk nonton konser Casiopea 3RD malam itu.
    Akhirnya kami kembali ke hotel utk istirahat. Namun Casiopea 3RD dan kru ada pesta lagi setelah konser yg tentunya Issei Noro masih punya satu botol minuman lagi utk malam minggu sampai pagi.
    Hari minggu pagi menjelang siang rombongan mengadakan tur ke Borobudur sebelum malamnya bertolak menuju Denpasar dan selanjutnya kembali ke Tokyo.
    Itulah cerita saya, pengalaman saya bersama Casiopea 3RD dan para kru mereka.
    Hal ini tak akan terlupakan seumur hidup saya dan saya berencana mendatangkan Casiopea 3RD utk tampil di Balikpapan, kota tempat saya tinggal.
    Rencana konser di Balikpapan itu adalah tantangan dari Casiopea 3RD yg malam itu di hotel menantang saya utk mengadakan konser mereka di Kalimantan. Saya terima tantangan itu walau saya belum yakin bisa mewujudkannya atau tidak. Butuh dana yg besar utk mendatangkan Casiopea 3RD ke Indonesia. Saya sdh konsultasi ke Casiopea International Co,-Ltd dgn Midori Moriyama-san, biaya yg dibutuhkan sekitar 1.8 M. Adakah teman-teman dan sahabat yg bisa membantu saya? mewujudkan impian saya dan impian para penggemar Casiopea utk kembali tampil di Indonesia.
    Sampai detik ini saya masih mencari sponsor utk even tsb dan saya belum tahu pastinya tapi Insya Allah akhir tahun ini Casiopea 3RD akan tampil di Balikpapan, Kalimantan Timur.

    Balas
    1. A. Tony Prasetiantono

      Saya kebetulan adalah promotor konser Casiopea 3rd di Yogya tersebut. Biaya penyeenggaraan sekitar Rp 1,4 juta. Mungkin jika di Balikpapan bisa lebih, karena beberapa peralatan (sound, lighting, drum khusus untuk Jimbo-san) harus didatangkan dari Jakarta.
      Salam dari Yogya,
      A. Tony Prasetiantono
      Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM.

      Balas
    1. Tony Prasetiantono

      Casiopea akan manggung lagi di Yogya pada 10 Oktober 2015 diYogyakarta. Band pembukanya adalah Krakatau Reunion. Penyelenggaranya Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM.

      Sent from my iPhone

      >

      Balas
      1. Tammy

        WOHOHOHOHOHO MUST SEE!!!
        Makasih infonya, Pak Tony.

        Terima kasih sudah membawa musisi2 keren, apalagi dengan harga angkringan…
        Saya kebetulan baru sempet nonton Lee Ritenour doang.
        Semoga bisa nonton Casiopea (Aamiin….)

      2. Burhan Bibob

        Casiopea adalah bagian yg amat penting dalam hidup saya, Casiopea adalah titik awal saya memasuki dimensi berbeda, Casiopea adalah masa transisi saya setelah sebelumnya begitu akrab dgn musik2 pop/love song. The Soundgraphy adalah album pertama casiopea yg beli waktu itu dan sejak itulah Casiopea begitu melekat dlm diri sy hingga kini. Saat ini sy penikmat berat musik2 Chick Corea, terutama Chick Corea Acoustic Band yg konon dikenal sbg musik yg berat dan susah utk dicerna. Inilah bagian penting Casiopea yg sy maksud diatas, Casiopea memberikan sy banyak hal, Casiopea byk memberikan saya pelajaran ttg musik sehingga sy mampu menciptakan imaginasi sendiri sesuai keinginan sy dgn mendengar musik2nya. Meski yg pernah saya miliki adalah album2 lama Casiopea, tp keterlibatan Kiyomi Otaka bagi sy memberikan warna baru Casiopea tanpa kehilangan identitasnya terdahulu. Terus terang ini baru yg kedua kalinya sy nonton Live-nya ditempat yg sama 2 th lalu. Meski tiket yg mampu sy beli adalah yg paling murah, tapi betapa sy bangga bisa melihat aksi mereka secara langsung. Dari semua yg telah diundang oleh FEB UGM, Casiopea adalah yg paling istimewa menurut saya, tanpa memmungkiri kehebatan aksi2 panggung grup/musisi lain yg pernah diundang karena sy selalu menyempatkan diri utk datang dan nonton setiap ada acara ini. Terima kasih pak tony, betapa sebetulnya sy ingin sekali mengikuti konfrensi pers mereka dgn harapan bisa foto bersama mereka, apalagi sy bbrp kali jg pnh komunikasi dgn Kiyomi Otaka di Facebook karena akun sy terhubung sgb teman dengannya. Tapi itu hanya sebatas keinginan karena usaha yg saya lakukan selalu gagal utk mendapatkan undangan Konfrensi Pers tsb. Sekali lagi trm kasih pak tony, sukses dan sehat selalu, semoga acara ini dapat bertahan karena betapa ini sgt berarti bagi kami yg berdompet tipis yg mungkin mimpi saja ga mungkin utk bisa nonton Konser musik berkualitas seperti ini. Tp pak tony dan kawan2 rupanya tanggap dgn hal ini sehingga kami tak lagi bermimpi, melainkan hal itu menjadi kenyataan berada disebuah pertunjukan yg menurut sy Terhormat ini. Bravo pak Tony.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s