Bee Gees – Artis Musik Terlaris Sepanjang Zaman

 

Personil: Barry Gibb, Robin Gibb

Mantan personil: Maurice Gibb, Colin Peterson, Vince Melouney, Geaff Bridgeford

Gibb bersaudara dilahirkan di pulau man dari orang tua berkebangsaan Inggris. Mereka menghabiskan beberapa tahun masa kanak-kanak di  Chorlton, Manchester, Inggris. Pada akhir tahun 1950-an, keluarga Gibb pindah ke Brisbane, Queensland, Australia, tempat Gibb bersaudara memulai karier musik mereka. Setelah mulai dikenal berkat lagu “Spicks & Specks” (singel ke-12) yang sampai di tangga lagu Australia, Bee Gees kembali ke Britania Raya pada Januari 1967. Dari Inggris, produser Robert Stigwood lalu mempromosikan mereka ke penggemar musik mancanegara. Bee Gees diperkirakan secara total telah menjual lebih dari 200 juta keping rekaman hingga menempatkan mereka sebagai salah satu “ARTIS MUSIK TERLARIS SEPANJANG ZAMAN”.  Sejarah mencatat hanya Elvis Presley, The Beatles, Michael Jackson, Garth Brooks & Paul McCartney  yang bisa menjual lebih banyak daripada Bee Gees.

Awal terbentuk dari tiga bersaudara: Barry, Robin & Maurice Gibb, mengalami dua kali puncak kejayaan. Puncak kejayaan mereka yang pertama berlangsung dari akhir tahun 1960-an hingga awal tahun 1970-an sebagai trio yang membawakan lagu-lagu “soft rock” yang harmonis. Puncak kejayaan yang kedua berlangsung pada akhir tahun 1970-an sebagai band beraliran disko. Lagu-lagu yang dibawakan Bee Gees mudah sekali dikenali karena mereka bernyanyi dengan memakai memakai teknik harmoni rapat tiga bagian.  Vibrato yang jernih dari Robin Gibb sebagai lead merupakan ciri khas lagu-lagu hit awal mereka hingga digantikan oleh suara Falseto dari Barry Gibb sebagai ciri khas Bee Gees pada akhir 1970-an dan sepanjang 1980-an. Tidak hanya Gibb bersaudara bersama-sama menciptakan semua lagu-lagu hit mereka, mereka juga bertindak sebagai produser dan menciptakan lagu hit untuk artis-artis lain. Sepanjang lima dekade karier mereka, Bee Gees paling sedikit memiliki satu lagu per dekade yang sampai di urutan Top 10 Amerika Serikat: “I’ve Gotta Get A Message To You”, “I Started A Joke” (1960-an), “Nights On Broadway”, “How Deep Is Your Love”, “Stayin’ Alive” (1970-an), “One” (1980-an), “Alone” (1990-an), dan “This Is Where I Came In” (2000-an).

Pada 1958, keluarga Gibb, termasuk putra terkecil yang masih bayi bernama  Andy (lahir 5 Maret 1958 di Manchester, Inggris), bermigrasi ke Redcliffe di Quesland, Australia. Tiga Gibb bersaudara yang masih remaja mulai tampil di atas panggung untuk mencari uang saku. Pertama mereka menyebut diri the Rattlesnakes sebelum nantinya memakai nama Wee Johnny Hayes & the Bluecats. Promotor sirkuit balap, Bill Goode menyaksikan penampilan mereka di Brisbane’s Speedway Circuit, dan memperkenalkan mereka kepada Bill Gates yang bekerja sebagai DJ di radio. Gates menamakan kelompok vokal Gibb bersaudara sebagai “Bee Gees” yang dibuat dari gabungan inisial nama depannya (B) dan nama belakang Bill Goode (G). Asal usul nama Bee Gees bukanlah singkatan dari “Brothers Gibb” (Gibb Bersaudara) seperti dipercaya banyak orang.

Setelah Maurice Gibb meninggal mendadak pada 12 Januari 2003, Barry dan Robin Gibb untuk sementara mengistirahatkan aktivitas Bee Gees yang selama ini tidak terputus selama empat puluh lima tahun. Pada 7 September 2009, Robin Gibb dan Barry Gibb membentuk kembali Bee Gees dan manggung lagi.

Pada 1960, Bee Gees sudah tampil dalam berbagai acara televisi, dan selama beberapa tahun berikutnya mereka tampil secara reguler di atas panggung resor-resor yang ada di pesisir Queensland. Bakat mencipta lagu yang dimiliki Barry menarik perhatian bintang penyanyi Australia bernama Col Joye yang membantu Gibb bersaudara mendapatkan kontrak dari festival Records pada tahun 1963 dengan memakai nama “Bee Gees.” Mereka merilis dua hingga tiga singel per tahunnya sementara Barry rajin mencipta lagu untuk sejumlah artis Australia lainnya.

Mereka berhasil mencetak sebuah lagu hit kecil-kecilan “Wine and Women” pada tahun 1965. Kesuksesan tersebut berlanjut dengan piringan hitam pertama yang berjudul “The Bee Gees Sing and Play 14 Barry Gibb Songs. Pada akhir 1966, Gibb bersaudara memutuskan untuk kembali ke Inggris. Meskipun demikian, anggota keluarga yang lainnya tidak ikut, dan tetap tinggal di Australia.

Kesuksesan Bee Gees berakhir bersamaan dengan meletusnya gelembung disko. Pada akhir 1979, kepopuleran musik disko menurun secara drastis, dan kebencian terhadap musik disko hampir menamatkan karier Bee Gees. Stasiun-stasiun radio di Amerika Serikat mulai mempromosikan “Akhir Pekan Bebas Bee Gees”. Setelah berada di puncak kejayaan dari tahun 1975 hingga 1979, Bee Gees baru kembali dapat memasukkan satu lagu di urutan Top 10 pada tahun 1989. Meskipun demikian, kepopuleran Bee Gees di dunia internasional tidak terlalu hancur. Barry Gibb menganggap kesuksesan album soundtrack Saturday Night Fever sebagai berkah sekaligus kutukan.

Album-album Studio

Tahun Judul
1965 The Bee Gees Sing and Play 14
1966 Spicks and Specks
1967 Bee Gees 1st
1968 Horizontal
1968 Idea
1969 Odessa
1970 Cucumber Castle
1970 2 Years On
1971 Trafalgar
1972 To Whom It May Concern
1973 Life in a Tin Can
1974 Mr. Natural
1975 Main Course
1976 Childreen of the World
1979 Spirit Having Flown
1981 Living Eyes
1987 E.S.P
1989 One
1991 High Civilization
1993 Size Isn,t Everything
1997 Still Water
2001 This Is where I came In

Album-album Konser

Tahun Judul
1977 Here at last
1998 One Nigh Only

Album-album Soundtrak

Tahun Judul
1977 Saturday Night Fever
1978 Sqt. pepper’s Lonely Hearts Club Band
1983 Staying Alive
Iklan

3 comments

  1. tks. cukup bagus isi artikel ttg the beegees. saya dan adik2 cukup menyukai lagu-lagu dari the beegees dan kadang kami suka meyanyikannya. cuma masih ada yang kurang tentang berita barry gib, katanya dia sudah meninggal? apakah berita ini benar atau rumor? semoga sukses buat penulis ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s