ANTARA XG & GS, YAMAHA & ROLAND

General MIDI (GM) didirikan pada tahun 1991 oleh Jepang Asosiasi Industri Elektronik Musik (AMEI) dan MIDI Manufacturers Association (MMA) sebagai standar global. GM Sangat meningkatkan kompatibilitas data musik dengan cepat diterima oleh pengguna dan vendor perangkat lunak.

Meskipun vendor dan pengguna menyambut baik ditentukannya standar global, format GM hanya ditentukan jumlah minimum suara instrumen yang tersedia, catatan simultan polifoni dan sebagainya. perlu segera muncul untuk memperluas format sehingga dapat diterapkan untuk berbagai macam genre musik dan digunakan untuk membuat data menampilkan berbagai ekspresi musik yang lebih kaya. Dengan demikian, baik Yamaha dan Roland berubah untuk mengembangkan format milik mereka sendiri dan setiap perusahaan berusaha untuk mempopulerkan format masing-masing.

MIDI diadopsi tidak hanya untuk instrumen musik, tetapi juga dalam berbagai macam aplikasi musik lainnya, termasuk produksi musik dan pemutaran pada PC, dan pemutaran musik latar belakang untuk situs web Internet. Selanjutnya, MIDI menjanjikan untuk digunakan dalam aplikasi yang lebih, pengaturan tahap pertumbuhan dramatis dalam penggunaannya di daerah-daerah di luar bidang alat musik.

Keberadaan dua format yang berbeda, XG dan GS, telah menciptakan ketidaknyamanan bagi industri instrumen MIDI dan untuk vendor perangkat lunak dan pengguna yang sama. Dan keadaan ini semakin rumit pada tahun 1998 ketika GM di-upgrade ke GM2.

Akhirnya diperoleh solusi yaitu pada tgl 19 Januari 2001 dua pemimpin di bidang alat musik dan peralatan sound tersebut yaitu Yamaha Corporation dan Roland Corporation, bersepakat untuk meningkatkan kompatibilitas Musical Instrument Digital Interface (MIDI) data, sebuah standar internasional yang mengatur kontrol eksternal synthesizer dan instrumen musik elektronik yang dilengkapi dengan sound generator.

Perjanjian yang ditandatangani pada tanggal 15 Januari 2001, diharapkan dapat membantu mempopulerkan lebih lanjut dari standar MIDI dan untuk mendorong peningkatan daya cipta dan reproduksi data musik.

Ada 3 kesepakatan yang dibuat oleh kedua belah pihak (Yamaha & Rolan), yaitu:

  1. Kedua perusahaan aktif akan mendukung Format GM2.
  2. Kedua perusahaan akan menawarkan akses terbuka untuk Yamaha xg Format dan Roland’s GS Format.
  3. Kedua perusahaan akan mengembangkan produk-produk perangkat keras dan perangkat lunak untuk mendukung ketiga format tsb, yaitu GM2, XG dan GS.

Sebelumnya, data XG dan GS hanya bisa diputar ulang secara eksklusif pada instrumen, perangkat, dan software yang kompatibel dengan format masing-masing, namun berkat upaya kooperatif dari Yamaha dan Roland, dapat diakses untuk semua orang tanpa memandang perbedaan dalam data format dan platform pemutaran.

Yamaha dan Roland mulai bertukar pandangan pada bulan November 2000 tentang bagaimana memperbaiki situasi ini untuk meningkatkan kenyamanan bagi pengguna dan menyumbang kepada pertumbuhan industri.  Mereka membahas kemungkinan standardisasi format melalui pengembangan format baru untuk saling berbagi.

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s